Pengen Nge-blog Lancar? Jangan Lupa Terus Belajar

Juli 18, 2016

Bahan belajarmu, juga bisa jadi bahan post blog, lho!
(Pic. source: pixabay.com)


Hai ... Saya baru saja melihat blog anda, rahayupawitriblog.com/ dan saya merasa tertarik dengan postingan-postingannya. Jadi, saya tertarik untuk memasang sponsored post di blog anda.


Ada sesuatu yang bergolak saat saya membaca surel diatas. Bagaimana tidak, setelah sekian lama, hanya melihat seliweran notif dari teman tentang job-job yang mereka terima, akhirnya saya juga bisa membuat notif yang sama. 

Akhirnya, semua proses panjang yang saya jalani membuahkan hasil juga. Rasanya pengen sujud berkali-kali, persis saat pertama kali kamu dapat kerjaan di perusahaan favorit.

Saya bilang proses panjang, karena untuk monetizing blog itu memang nggak gampang. Jadi, kalau ada yang bilang nge-blog adalah salah satu cara cari duit dengan gampang, please, jangan percaya. Entah itu penghasilan dari review, afiliasi, placement article, atau malah adsense, setiap blog butuh kerja keras dan ekstra kesabaran agar siap untuk menghasilkan. 

Kerja keras itu berarti kamu nggak boleh berhenti untuk terus belajar. Setiap blog memiliki kriteria tertentu agar bisa menuju tujuannya.

Baru dari cara menulisnya saja, sudah banyak hal yang harus dipelajari. Ejaan yang harus diperhatikan, bagaimana menyasar sebuah kata kunci agar tulisan bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian, menulis dengan runut, dan seterusnya. Belum lagi kalau sudah ngomongin tampilan blog, wah makin banyak diomongin. 

Nge-blog lancar karena belajar

Tapi prens, kamu tahu nggak, justru dari kegiatan belajar itu, kita juga jadi punya bahan agar terus bisa jadi up-date blog. Misal habis belajar pasang Facebook Fans Page, jadi deh post blog baru. Habis otak-atik HTML, Google Analytics, cuss .... Jadi update deh blog-nya.

Cara inilah yang saya pakai agar terus produktif nge-blog. Alhamdulillah, dengan cara ini, saya nggak pernah kehabisa bahan untuk nge-blog. Ada saja yang saya pengen tulis. Biasanya malah setiap bulan bisa ada 7-10 bahan yang nganggur, dan hanya menjadi draft di aplikasi word. Apalagi post untuk Blogging Corner ini, wah bejibun, eksekusinya saja yang terhambat (ngeles aja ...).

Itulah kenapa, para Master blog lebih suka menyarankan kita nulis atau membangun blog dari sesuatu yang kita suka, biar semangat buat belajar, jadi nge-blog pun bisa lancar. Ya kan?

Jadi, kamu sedang kena writers block? Kehabisa ide? Nah, coba baca buku deh, nanti pasti jadi post resensi, catet quote-nya, siapa tahu nanti bisa bahan post inspirasi.

Baru otak-atik blog? Sok, atuh print screen sana-sini, bagi hasilnya dengan pembaca. Jangan lupa share dan atau poke saya, Insya Allah, saya mampir deh. Oke?

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kalau sesuatu yang kita suka biasanya lebih lancar nulisnya ya Mbak. Whuuuusss, tinggal ngedipin mata aja jadi yak...aiiih, saya meuni lebay. Ngga sih, intinya kalau suka mah enakeun nulisnya lancar, yak, kalo ngga nyambung byk wajar lah kalau saya mah da masih belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu mbak. Kalau nge-blog yang kita suka memang gampang dpat idenya. Makasih dah mampir

      Hapus
  2. setuju banget mba Rahayu. Aku juga seneng banget ikut seminar, workshop dan apa pun yang berhubungan dengan blogging, termasuk baca artikel2 informatif di blog ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang isinya dikit yo, mbak wkwkwkk

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya