blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Salah seorang teman bertanya via chat Whatsapp, bagaimana cara ngeblog yang baik? Terus terang saya pribadi tidak tahu apa standar nge...

Bagaimana Cara Ngeblog yang Baik?

bagaimana_cara_ngeblog_yang_baik


Salah seorang teman bertanya via chat Whatsapp, bagaimana cara ngeblog yang baik?

Terus terang saya pribadi tidak tahu apa standar ngeblog yang baik. Selama menyimak nasehat dan tips dari para blogger ahli, mereka sangat jarang menyebut kriteria ngeblog yang baik. Paling banter ya, bagaimana menjadi blogger yang baik.

Berhari-hari saya mencoba memikirkan (juga mencari referensi) bagaimana ngeblog yang baik, Alhamdulillah, saya akhirnya bisa merangkum beberapa hal yang bisa dijadikan standar tentang bagaimana cara ngeblog yang baik.

Cara ngeblog yang baik


#1. No plagiasi


Yap, ini yang paling menyebalkan. Baik pada media online atau pun konvensional, plagiasi adalah hal yang paling menyebalkan sejagad raya. ๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’

Menulis, sependek apapun, tetap membutuhkan effort. Meme yang sering dibagikan di grup-grup chat, GIF yang sering didownload, itu semua membutuhkan effort atau usaha saat membuatnya.

Begitu juga dengan ngeblog; dimulai dari mencari ide, mengumpulkan bahan untuk eksekusi ide, hingga akhirnya menjadi tulisan, video atau konten, semua membutuhkan effort dan waktu. Jadi, please deh, kalau kamu pengen ngeblog yang baik, jangan pernah lakukan plagiasi.

#2. Update


Ah, saya malu kalau harus ngomong yang satu ini. Lha, saya sendiri nggak update blognya he he he.

Habisnya gimana ya, kadang waktu benar-benar habis untuk pekerjaan, baik pekerjaan rumah ataupun pesenan. Makanya, di Bulan Oktober ini, saya berusaha keras menyeimbangkan antara ngeblog dan pekerjaan konten saya. Pengennya si memenuhi saran mbak Shinta Ries, sebisa mungkin blog mendapat view 10.000 per bulan.

Eh, kok jadi curhat. Oke, back to post.

You know gess..., blog yang update itu lebih disukai Google. Apalagi kalau konten kamu juga cantik. Ibarat bintang, blog yang update tu akan terus kelap-kelip, ketika yang lain kadang ada sinarnya kadang enggak.

Jadi, coba pastikan siapa audiencemu, terus bikin rancangan konten, agar kamu bisa cepat melesat. Nggak selalu nemu ide, sibuk dengan kerjaan, atau malah baru ngeblog? Gampang, kamu bisa pakai cara saya.

Usahakan blog kamu update satu kali seminggu. Di bulan berikutnya, setelah terbiasa, nulislah dua kali seminggu, dan terus tingkatkan sampe kamu bisa nulis setiap hari.

#3. Sesuai dengan tujuan kamu ngeblog

Menurut saya, ini salah satu hal yang bisa menentukan apakah cara kamu ngeblog sudah bener atau belum. Sekecil apapun itu tujuan kamu; apatah menambah subscriber, email list, follower, DA/PA, Alexa rank,- cara ngeblog kamu seharusnya sesuai dengan tujuan itu. 

#4. Networking


Yang saya maksud disini bukan tentang gabung di komunitas aja, tapi membangun "network" blog kamu. Coba perkenalkan blog kamu dengan cara blogwalking, ikut arisan link, atau bikin guest post.

Oya, membangun link dengan teman (outbound link), blogwalking, juga bisa membantu statistik blog kamu jadi lebih baik lho.

#5. Terus belajar dan praktek

Ngeblog itu ilmunya banyak. Nggak hanya tentang teknik nulis atau desain blog. Statistik, dan peraturan-peraturan ngeblog tu selalu update, dan wajib kamu ikuti. Jadi, kalau kamu pengen ngeblog dengan baik, jangan pernah berhenti belajar. 

Kalau sudah belajar, jangan lupa praktek. Karena cuma dengan praktek, kamu akan isa menemukan ilmu baru lainnya. 

Menurut saya, itu aja si yang bisa jadi panduan cara ngeblog yang baik. Kamu gimana, sudah ngeblog dengan benar selama ini? Inshaa Allah sudah ya, ....



0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya