blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Di suatu masa.... (#cieee) saya pernah berdebat sedikit dengan teman, "apakah perlu kita punya tujuan saat ngeblog?" Jujur,...

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Punya Tujuan Ngeblog

5_alasan_mengapa-kamu_perlu_punya-tujuan_ngeblog


Di suatu masa.... (#cieee) saya pernah berdebat sedikit dengan teman, "apakah perlu kita punya tujuan saat ngeblog?"


Jujur, "Apa tujuan kamu membuat blog" adalah hal pertama yang saya tanyakan ketika ada yang bertanya pada saya,

Bikin blog gimana si?
Musti domain atau gratisan?
Wordpress atau blogspot?

Ya, sekian lama ngeblog (padahal baru serius setahun lalu ๐Ÿ˜€) saya baru sadar, seharusnya tujuan nge-blog itu ditentukan pertama kali, sebelum blog itu dibuat. Karena bisa jadi, hanya buang-buang tenaga, waktu, dan mungkin uang. Ibarat mau bepergian, kita musti tahu arah tujuan kita, dan baru jalan kan?

Misalnya, niatnya untuk branding profesionalitas. Tapi karena di tengah jalan kepincut temen yang monetize, akhirnya ikutan pasang iklan, afiliasi, atau review. Sayangnya, monetize ini justru menampilkan iklan dari competitor. Nah, repot kan?

Ironinya, diluar sana, "apakah ngeblog perlu tujuan atau enggak" juga masih menjadi perdebatan. Pasalnya, masih banyak yang berpendapat jika ngeblog  itu urusan personal, suka-suka gue, jadi nggak perlu pake tujuan pasti.

Ya, sisi personal dari ngeblog itu, memang salah satu sisi keren dari dunia blogging dibanding profesi lainnya. Keleluasan untuk berbagi cerita dengan gaya personal, review personal yang memang real life, real report, itu adalah hak istemewa yang dimiliki oleh aktivitas ngeblog.

Dan dengan menerapkan struktur yang A, B, C, D yang sudah firm, bisa jadi malah mencederai keistemewaan, keunikan, atau orisinilatis dari aktivitas nge-blog itu sendiri.

Padahal jika direnungkan lebih jauh, "Aku cuma mau senang-senang, have fun dengan blogku" itu pun sebetulnya sudah menjadi sebuah tujuan ngeblog bukan? ๐Ÿ˜ƒ Meski kemudian, akhirnya, tujuan itu tidak di break down menjadi tujuan-tujuan yang lebih jelas.

Apa yang menjadi benang merah dari kedua hal diatas adalah apa alasan kamu nge-blog, mau kamu bawa kemana blog kamu (yang pasti nggak dibawa ke penghulu kan? ๐Ÿ˜) . Apa cuma sarana menuangkan ide kreatif, pemenuhan passion, senang-senang, atau malah kamu berniat menghasilkan rupiah dan dollar dari blog?

Nah, apapun alasan kamu nge-blog, memiliki arah tujuan bisa menjadi sarana kamu untuk melesat lebih cepat.

5 alasan mengapa kamu perlu tujuan saat nge-blog


Iya, maafken kalau saya memaksakan diri. Saya hanya merasa, melihat blog tertata rapi dari awal, dan terus tumbuh seiring dengan pelajaran juga perjalanan nge-blog,- itu sesuatu yang menyenangkan dan efektif. Asli, saya sendiri nyesel kenapa dulu nggak punya tujuan jelas saat mulai ngeb-blog. Dan akhirnya, cuma bisa ngiri melihat mereka yang sudah melesat jauh.

Gimana aja, hanya melakukan sesuatu yang kamu suka, tanpa tujuan pasti, biasanya tidak akan membuat kamu bertahan lama. Meskipun itu membuatmu merasa happy dan bebas. One day, kamu akan sampai pada sebuah pertanyaan, then, what's next....?

Wandering around doing whatever you like can only last you so long, Although the scenery maybe nice

Ada banyak manfaat menetapkan tujuan nge-blog, antara lain;

#1. Memberi peta apa yang harus kamu lakukan


Manfaat ini akan berasa banget kalau kamu menjadikan aktivitas nge-blog baru sebatas aktivitas pengisi waktu diantara pekerjaan atau tanggung-tanggung jawab lainnya. So, waktu kamu nge-blog kamu sebtulnya memang nggak banyak, dan kamu sering merasa sebel kalau harus membuang waktu yang ceuprit itu, tanpa arah yang jelas.

Dengan punya tujuan ngeblog, kamu nggak bakal wandering lagi, hari ini musti ngapain ya, sejam ini enake aku nulis apa, post mana yang sebaiknya aku share hari ini, infografis apa yang sebaiknya aku buat dan seterusnya.

#2. Bantuin kamu keep moving on


salah satu cara agar kamu kamu bisa terus keep on track pada tujuan kamu nge-blog adalah mereview kembali apa yang sudah kamu lakukan, cara mana yang berhasil dan mana yang tidak. Meskipun begitu, nggak mungkin juga kita hanya mereview tanpa tahu manfaat dari review itu apa bukan?

Nah, disinilah kamu bisa jadikan tujuan nge-blog sebagai standarisasi apakah yang kamu lakukan sudah bener atau belum. Punya tujuan nge-blog juga bisa menjadi panduan jelas apa yang harus kamu lakukan ke depan agat menjadi blogger yang lebih baik.

#3. Bikin kamu lebih fokus


Oke, blog sudah dibuat, kini saatnya kamu nulis post pertama. Sayangnya kamu malah bingung, apa yang harus kamu tulis pertama kali. Ide tulisan banyak, tapi kamu nggak tahu, mana yang harus ditulis terlebih dahulu.

Disitulah pentingnya kamu punya tujuan nge-blog. Jika dari awal kamu sudah punya tujuan, kamu tinggal milih, ide tulisan mana yang harus dieksekusi duluan.


#4. Bikin nge-blog lebih efektif


"Mbak, aku harus pakai platform blog apa ya; wordpress atau blogspot? Gatisan atau langsung TLD aja?" ๐Ÿ˜‰

Kalau kamu punya tujuan nge-blog, saya yakin, kamu nggak perlu tanya pertanyaan itu lagi.

Setiap platform blog sebetulnya punya keunggulan dan kekurangan. Pengen sekedar nglancarin nulis, karena belum pasti atau belum ngerti suka nulis di niche apa; ya udah, pakai aja blogspot atau wordpress.com yang gratis dulu. Pengen langsung monetize? Cuzz... atuh beli TLD.

Biasanya jika ingin monetize blog, kamu butuh domain TLD, terutama jika yang kamu sasar adalah monetize dari review atau backlink.

Syarat lainnya adalah DA atau Domain Authority. Dan membangun DA itu tidak hanya cukup sehari dua hari, butuh berbulan-bulan. Karenanya, kalau memang sudah tujuannya monetize, maka tetapkan langkah-langkah efektif dari mula. Dimulai dari membangun blog TLD, posting tiap hari, rajin blogwalk dan seterusnya.

Bayangkan jika kamu nggak punya tujuan ngeblog, milih platform saja mungkin kamu sudah bingung, ya kan?

#5. Bantu kamu nentuin struktur dan "voice blog"


Saya nggak ngerti apa istilah "voice blog" itu kata yang tepat. Maksudnya gini lho, seperti Blogging Corner ini; saya menulisnya dengan bahasa santai. Dan saya buat kategorinya sesedikit mungkin.

Ya, karena sedari awal, si Blogging Corner ini memang sudah saya tujukan untuk berbagi tips nge-blog untuk semua kalangan. Jadi, ya memang saya buat sesederhana, dan sangat-sangat user friendly.

Nah gimana sekarang? Setuju kan ya, kalau nge-blog itu sebaiknya pakai tujuan. Biar kerjaan kamu lebih ringan dan lebih mudah gitu lho.

Tapi sebetulnya apa aja si tujuan nge-blog itu dan bagaimana cara mencapainya? Tunggu di post selanjutnya ya, ...


0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya