blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Jadi, ceritanya sore ini curhat-curhatan sama kawan; berasa dikejar-kejar kerjaan gara-gara dari kemarin-kemarin bawaannya pengen nge-blo...

7 Alasan Mengapa Kamu Musti Nge-blog


Jadi, ceritanya sore ini curhat-curhatan sama kawan; berasa dikejar-kejar kerjaan gara-gara dari kemarin-kemarin bawaannya pengen nge-blog ... mlulu. He he he, iya, memang katro, dan nggak professional banget; tapi asli, nge-blog itu asik.

Coba deh, tanya temen-temen,- yang tiba-tiba jadi asik ketak-ketik mlulu di hp/ leppi, tapi jarang terlihat di chatting atau up date status di social media. Bisa jadi, dia pun sekarang lagi hobi nge-blog juga.

Kalo buat saya sendiri si, nge-blog itu bisa menjadi sarana untuk melepaskan pikiran, tempat berbagi kegalauan, atau malah dapat tambahan uang jajan.

Dulu saya mulai nge-blog di tahun 2008. Masih asal-asalan dan jarang di update karena waktu itu belum punya perangkat yang mendukung (kompi maksudnya).

Kemudian mulai sedikit aktif nge-blog waktu kembali nulis di tahun 2013. Tapi ya, gitu, masih asik sama kerjaan dan belum serius bener untuk menjadi seorang blogger.

Baru akhir Desember kemarin (22 Desember 2015) bener-bener serius merhatiin blog. Dari situ saya jadi tahu, bahwa ada banyak manfaat yang bisa saya (dan juga kamu) peroleh dari kegiatan curhat-curhatan atau berbagi cerita di blog.

Dulu tu, saya nggak ngerti apa itu HTML dan script, gara-gara nge-blog jadi mulai sedikit paham. Tidak hanya itu, jaringan pertemanan pun jadi meluas, punya kesempatan untuk punya pekerjaan sampingan, dan masih banyak lagi. 

Jadi, kalo diringkas, ada beberapa alasan yang membuat seseorang sebaiknya mulai nge-blog.

1. Sarana belajar mengalahkan tantangan




Apa pun tujuan seseorang nge-blog,menurut saya, tantangannya itu sama banyaknya, sama rumitnya, sekaligus sama serunya.

Misal pengen nge-blog agar bisa menembus adsense, maka ada begitu banyak trik-trik SEO yang harus dikuasai. Membuat Google percaya untuk menempatkan iklan pada blog-nya saja sudah Subhanallah sulitnya.

Begitu juga bila tujuan nge-blognya untuk dapetin job review, harus pandai-pandai menjual kemampuan menulisnya agar advertiser mau mempercayakan produk kepadanya.

Secara basic saja, bagaimana menuliskan ide yang ada di kepala menjadi sebuah tulisan yang enak itu sudah cukup menantang, lho; belum lagi kalau ada embel-embel tujuan nge-blog untuk adsense atau paid review, hmmm....

Oya, ada lagi, menjaga konsistensi menulis itu juga menantang lho. Bagaimana belajar mendisiplinkan diri dan keep on the track, bagi saya bukan hal yang mudah.

Tidak ada yang paling membahagiakan selain mengalahkan challenge atau tantangan kita sendiri bukan?

2. Blog akan membuat kamu terus belajar hal baru




Iya, nge-blog itu memang tentang tulis menulis. Tapi seiring berjalannya waktu, dan banyaknya blog yang digunakan untuk campaign perusahaan, kini nge-blog nggak cuma tentang tulisan; tapi juga bagaimana memilih dan membuat gambar (biasa disebut info grafis) atau video juga diperlukan.

Wajar bila seorang blogger pasti tak pernah berhenti belajar. Makanya, acara belajar Blogging itu pasti selalu banyak peminatnya.

3. Membuat perubahan untuk yang lain





Tulisan blogger yang biasanya bersifat personal, seringkali lebih mudah menyentuh pembacanya. Wajar, jika setelah membaca sebuah blog, seseorang kadang bisa saja kemudian merubah pandangan atau gaya hidupnya. 

Karena itulah, saat ini blogger sudah dianggap sebagai komunitas yang bisa membantu pemerintah atau sebuah instansi dan perusahaan untuk mengedukasi masyarakat agar menjadi lebih baik. 

Dan memang ada banyak hal yang kita bisa bagi melalui tulisan, bukan? Entah itu inspirasi usaha, hikmah hidup atau malah informasi-informasi baru, tips-tips asik dan masih banyak lagi. 

Jadi, kalo kamu memang punya banyak ilmu atau informasi, jangan pelit, ayo, mulai nge-blog dan bagikan apa yang kamu kepada semua orang.

4. Menjadikan seseorang lebih ahli di bidang tertentu




Saat menulis sebuah topik, misalkan tentang trik-trik nge-blog; kamu pasti dong nggak cuma bekal nulis atau copy paste aja (kecuali kalo kamu iklas disumpahin dunia akhirat sama si empunya tulisan asli)

Sebelum nulis di blog, paling enggak kamu sudah nyobain dulu trik-trik yang hendak kamu tulis. Saat mencoba, bisa saja kamu menemui kendala, sekaligus cara untuk mengatasinya. Atau bila ternyata ada banyak trik, kamu bisa tahu, cara mana si, trik yang paling oke.

Nah, disinilah, tanpa kamu sadari kamu menjadi ahli pada bidang yang sedang kamu tulis.

Dan dengan semakin mahirnya kamu, maka kesempatan di depan mata akan semakin banyak. Siapa tahu juga tawaran proyek juga bisa mampir hanya gara-gaar tulisan kamu.

5. Dapat kawan-kawan baru




Seperti yang saya ceritakan diatas, bahwa nge-blog bisa membuka kesempatan kepada banyak hal, dan bertemu dengan kawan-kawan baru adalah salah satunya. Saat ini banyak sekali komunitas blogger yang sering mendapat undangan untuk menhadiri peluncuran produk, jasa, kampanya pemerintah atau LSM, dan pelbagai event-even menarik lainnya.

Disanalah biasanya para blogger bertemu dan kemudian menjadi sahabat karib. Tidak hanya itu, dengan dating ke pelbagai undangan acara, kamu bisa ketemu dengan banyak orang dari pelbagai kalangan. Selain networking, tentu pengalaman mereka layak untuk dijadikan tamabahan ilmu bukan.

Oya, ada lagi manfaat dari nge-blog yang saya rasakan. Jadi, ada satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh para blogger, yaitu blog walking, kegiatan saling mengunjungi blog-blog kawan. Disanalah bisanya jalinan persahabatan juga dimulai.

6. Cara untuk mengalahkan ketakutan diri sendiri




Bagi beberapa orang, mengeluarkan opini, memulai pembicaraan dengan siapa pun mungkin saja hal yang mudah.

Tapi bagi sebagian orang lagi, berbicara atau beropini itu adalah sebuah mimpi buruk.

Tipe-tipe introvert seperti saya ni, susah sekali untuk memulai sebuah pembicaraan. Tapi dengan adanya media tulisan, apa yang dikepala bisa saya keluarkan dengan mudah.

Pelan-pelan kegiatan itu kemudian mengubah saya. Pada akhirnya, dengan semakin banyak menulis, saya memiliki banyak sekali bahan untuk memulai obrolan.

Tanpa saya sadari, keberanian berbicara itu pun muncul. Pelan-pelan, hingga akhirnya, ketakutan itu pun mulai menghilang.

Oiya, ada satu lagi, dengan senantiasa mengasah tulisan, kita juga semakin bisa mengenali diri kita sendiri lho. Apa yang disukai, mau ke mana arah yang dituju; bisa semakin terlihat jelas saat kamu nulis.

7. Cari tambahan penghasilan



via GIPHY
Kamu pengen punya tambahan penghasilan, tapi nggak bisa jualan, atau nggak ada waktu untuk cari barang? Pengen jadi dropshiper tapi ragu dengan kehalalan cara berdagangnya? (*gambaran diri ha ha ha)

Gimana kalo kamu tularkan ilmu marketing kamu via blog aja? Sudah bukan rahasia lagi kalo dari kita juga bisa menghasilkan rupiah dari nge-blog. Entah itu dari job review, afiliate, atau malah adsense. 

Nah, itu hanya sebagian kecil dari alasan mengapa kamu musti nge-blog juga dari sekarang. Percaya deh, ada banyak manfaat yang bisa kamu petik disana.

Bingung bagaimana memulainya? Yuk, kita lanjut obrolan di post berikutnya.

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya