blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Waktu awal mulai nge-blog, saya selalu bilang kalau nge-blog itu gampang . Tinggal ceklak-ceklik sana-sini, beres sudah. Tapi ketika m...

Peralatan Ngeblog yang Wajib Dimiliki oleh Blogger



Waktu awal mulai nge-blog, saya selalu bilang kalau nge-blog itu gampang. Tinggal ceklak-ceklik sana-sini, beres sudah.

Tapi ketika mulai serius nge-blog, dan sering ikut kopdar beberapa komunitas, saya akhirnya tahu, kalau nge-blog itu nggak cukup sekedar nulis, edit dan publish.

Kalau lagi ketemu sesama

Peralatan ngeblog yang wajib dimiliki oleh blogger

Jadi blogger itu memang gampang-gampang susah. Gampang, karena kamu bisa aja nulis sekehendak kamu, semau kamu. Tapi ... kalau pertimbangannya sudah banyak, misal, untuk portofolio konten, untuk branding, untuk cari job de es be, maka pernak-perniknya mulai deh muncul. Pernak-pernik yang bisa saja berupa software, atau pun hardware. 

However, jangan kecil hati dulu. Gimana aja, nge-blog itu ya tentang menulis. Meski belum begitu banyak perlengkapan software atau hardware yang kamu miliki, paling tidak dua benda ini harus kamu miliki.

1. Komputer




Ya iyalah, namanya juga aktivitas menulis yang harus diketik kan? Paling tidak milikilah komputer (desktop atau jinjing, terserah) dengan spesifikasi yang bisa untuk ngetik plus basic editing photo.

Kalau saya, meski hanya untuk ngetik dan edit foto dasar, tapi saya lebih suka

Oke, gambar memang bisa dicari di situs-situs penyedia gambar gratis seperti pixabay atau freeimages. Tapi kan nggak semua gambar ukurannya cocok untuk blog kita. Kadang ada yang perlu disesuaikan ukurannya, agak diterangin sedikit, atau malah pengen dikasih tanda air (water mark).

Jadi, kumpulakanlah gaji, hasil jualan, warisan atau hasil investasi kamu, untuk beli satu komputer yang layak dan cukup awet untuk kamu nge-blog.

Jangan lupa lengkapi komputer kamu dengan beberapa software aplikasi. Kalau saya si, pilih aplikasi cloud storage, writer, notepad, dan picture editor.


2. Kamera



Seperti yang saya bilang diatas, ada banyak banget situs-situs penyedai gambar gratis yang bisa kita manfaatkan untuk blog kita. Tapi kan kadang kita juga butuh gambar yang Indonesia banget, dan jelas nggak mungkin ada disana (atau ada, tapi mungkin nggak banyak).

Nah, agar nggak repot, milikilah kamera dengan spek yang sedikit lumayan. Bisa untuk capture momen-momen penting di malam hari, atau enggak blur saat ambil gambar dengan pencahayaan minimal.

Alhamdulillah si, kalau bisa punya DSLR, tapi ini kan ngomongin peralatan dengan batas minimal to? he he he.

Peralatan nge-blog tambahan 


Namanya ada yang wajib tentu ada juga yang sunah. Jadi peralatan tambahan ini memang tidak harus ada tapi bisa membantu kamu untuk memperlancar kegiatan nge-blog.

1. Handycam

Orang bilang, sekarang jamannya vlog alias video blogging. Orang nggak cuma butuh gambar dan tulisan, tapi sekarang orang lebih suka nonton konten. Nah, kalau kamu juga tertarik dengan kegiatan audio visual. silahkan deh, masukkan perlengkapan ini dalam perlengkapan nge-blog kamu.

Oya, mungkin kamu berpikir untuk menggunakan kamera digital sebagai Vlog kamu, tapi waktu itu mbak Pungky Prayitno pernah nulis, kalau kamera digital yang terlalu sering dipakai untuk video, lama-lama akan merusak fokus dari kamera itu sendiri, Jadi, kalau kamu memang suka dengan Vlogging, mending sediain budget khusus untuk handycam.

2. Printer

Kalau pas dapat job, atau undangan event, dan harus segera nge-print invoice atau undangan, printer pribadi tentu penting dong. Yach, daripada malem-malem keluyuran nyari warnet buka kan nggak asik banget. So, kalau ada budget lebih, masukin atuh si printer ini ke daftar peralatan nge-blog kamu.

3. Smartphone

Sebetulnya antara penting dan nggak penting si, peralatan yang satu ini. Tapi trend akhir-akhir ini, blogger sering banget di undang ke acara launching atau kampanye produk dan jasa lainnya. Biasnaya selain membuat reportase, blogger diminta untuk menjadi buzzer acara.

Nah, smartphone bisa memperlancar kegiatan kamu disaat-saat seperti itu. Kalau bisa si, pilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang memadai, juga kemampuan kamera yang lumayan. Kalau kata mbak Putri KPM, seorang social media specialist, gambar di media sosial itu perlu yang oke. Kalau nggak oke, mending nggak usah upload.

Kapasitas penyimpanan yang memadai juga akan membantu kamu untuk nge-blog on the go. JAdi, begitu ada ide, bisa langsung ketak-ketik deh.

Hmm...kayaknya itu aja si, peralatan wajib ngeblog yang sebaiknya kamu miliki. Gimana, sudah ada beberapa yang kamu miliki? Atau malah kamu punya peralatan lain untuk memperlancar aktivitas nge-blog kamu?



Rahayu Pawitri
from Smart Content
+6282112715376

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya