blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Post ini adalah lanjutan dari post " Cara Memulai Post Blog (*Pertama Kali) . Post yang dulu diprotes 😀, katanya kurang komplit, ...

Bingung Membuat Post Blog Pertama Kali? Baca yang Ini Dulu Yuks!



Post ini adalah lanjutan dari post "Cara Memulai Post Blog (*Pertama Kali). Post yang dulu diprotes 😀, katanya kurang komplit, hanya tentang batasan menulis post, buka step by step dari membuat post. 

Jadi okelah, meski sudah kelamaan, tapi saya lengkapi saja ya ... Saya akan buat panduan menulis blog dengan media PC dan handphone atau smartphone. Soalnya sering banget tu, ketemu temen yang pengen mulai ngeblog, tapi ngeluh karena perangkat PC-nya belum mumpuni, atau tidak punya cukup waktu untuk duduk dan menulis di PC.

Cara membuat post blog pertama kali pada platform Blogger


Sebelum mulai nulis, ada baiknya kita mengenal antar muka halaman entri pada blogger, ya. Karena kesulitan memulai blog post ni biasanya cuma karena nggak ngerti antar muka halaman "entri"-nya aja. 

Halaman antar muka entri post pada blogger (akses via PC)

Coba perhatikan gambar di bawah ini ya



1. Kolom judul

Tuliskan judul atau title post kamu disini. Judul ini nantinya otomatis akan menjadi alamat URL post blog kamu, kecuali kamu memilih untuk mengedit URL-nya. Mengapa harus diedit dan bagaimana mengeditnya? Nanti kita obrolin di post selanjutnya.

2. Body post

Ini adalah tempat kamu nulis artikel kamu.

3. Compose/ HTML

Saat memilih opsi entri baru, secara default, kamu akan berada dalam opsi "compose". Ini artinya kamu akan melihat tampilan artikel kamu persis sama seperti saat kamu ngetik. Beda halnya ketika kamu berada dalam opsi htlml, maka tampilan artikel kamu akan seperti ini



4. Dasbor perintah

Bagian ini adalah tools tempat kamu "mengkustom" artikel kamu, seperti memilih ukuran huruf, membuat tulisan miring, tebal, menyisipkan link dan seterusnya

5. Label

Kadang disebut juga dengan kategori, tag, dan banyak lagi. Fungsi bagian ini adalah mengelompokkan artikel kamu. Misal pada blogging Corner ini, maka label/ kategorinya/ tagnya adalah "artikel", "tips dan trik ngeblog" dan seterusnya.

6. Jadwal

Secara default, setting jadwal akan menyesuaikan dengan tanggal publish artikel. Jika ingin menjadwalkan publish artikel, maka kamu dapat menggunakan tombol ini.

7. Deskripsi penelusuran

Bagian ini adalah ringkasan dari isi artikel kamu. Sebaiknya tidak lebih dari dua kalimat.

8. Pilihan

Bagian ini berisi pengaturan komentar, tautan balik dan sebagainya.

Jadi, gimana cara buat post blognya? Ini stepnya: 
#1. Login ke dasbor blogger
#2. Pilih menu pos disamping kiri, dan klik "Entri Baru"
#3. Ketik tulisan Anda di body post. Setelah selesai beri label, dan meta deskripsi
#4. Kalau masih mau di koreksi nanti, maka pilih "simpan"; kalo mau langsung publikasikan, pilih "Publishkan". Selesai deh ...

Halaman antar muka entri post pada blogger (akses via Blogger Android App )

Oya, sebagai pelengkap, saya kenalkan juga ya antar muka entri post pada blogger. Beberapa teman yang pengen nge-blog masih belum punya akses PC dengan mudah soale.

Perhatikan dulu bagian-bagian pada aplikasi blogger ini. Jika ini pertama kali kamu instal aplikasi, maka tampillannya akan seperti ini


Berikut keterangan bagiannya:




1.Judul blog

Bagian dengan nomor satu diatas adalah bagian judul blog kamu. Kalau kamu punya beberapa blog dalam satu akun email, kamu tinggal sentuh bagian ini untuk berubah dari satu blog ke blog yang lain.

2. Pensil putih

Saya sebut bagian ini dengan nama pensil putih aja. Untuk membuat post baru maka kamu harus menyentuh/ mengetuk pensil putih ini.

3. Kolom judul post

Jika blog kamu sudah punya beberapa post, maka semua judulnya akan muncul disini.

Nah, untuk memulai menulis artikel, kamu cukup tekan gambar pensil yang putih itu. Tulis judul, dan tulis artikel kamu dibagian body post.

Oya, ngeblog via aplikasi emang enak, kita bisa sambil rebahan, atau kalau lagi di jalan dapat ide, bisa langsung ketik-ketik. Sayangnya, hasil artikel kurang rapi. Tidak ada jeda antar paragraf plus gambar hanya bisa disisipkan di bagaian paling bawah.

Untuk merapikan atau memindahkan gambar di bagian awal, maka kamu harus menggunakan PC. Nggak bisa ditawar lagi. 😊

Cara edit post blogger

1. Login ke dasbor blogger
2. Pilih menu "Pos" (biasanya paling atas)
3. Arahkan kursor ke judul post blog. Dibawah judul akan muncul tulisan "edit". Nah, klik bagian itu. Done.

Pengen ngedit draft post dari aplikasi blogger? Bisa banget!

1. Buka aplikasi blogger
2. Ketuk judul post yang ingin diedit



3. Ketuk bagian kolom bagian kanan
4. Ketuk post body



5. Edit
6. Setelah selesai edit, ketuk tulisan "Done" atau "selesai" di pojok kiri



7. Antar muka entri akan berubah, ketuk gambar disk di sisi kanan. Untuk langsung mempublikasikan pilih gambar panah (➤) atau  gambar disk untuk menyimpan.

Selesai, selamat ngeblog ya...


P.S: Oya, saya baru saja nemu aplikasi yang bisa dipakai nge-blog via Smartphone dengan tampilan persis sama di PC. Tunggu ulasannya ...

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner. Karena banyaknya komentar spam, untuk sementara waktu, komentar hanya terbuka untuk anggota blog saja, ya.
Pertanyaan atau diskusi terkait artikel silahkan hubungi rahayupawitri@gmail.com. Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.