blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Oke, blog sudah dibuat, kini waktunya ngisi blog kamu. Merasa bingung nggak tahu musti nulis apa? Biasanya gitu tu, kalo pertama kali n...

Cara Memulai Post Blog (*Pertama Kali)



Oke, blog sudah dibuat, kini waktunya ngisi blog kamu. Merasa bingung nggak tahu musti nulis apa? Biasanya gitu tu, kalo pertama kali nge-blog. Apalagi kalo saat buat blog tadi kamu nggak menentukan niche dulu.

Iya, sih, blog itu memang sebetulnya diary online; tapi pengen cerita kegiatan tadi kok kayaknya nggak ada yang istemewa, ya. Mau nulis waktu jalan-jalan ke resto kemarin, tapi kok nggak asik; malah nyesel mampir kesana karena makanannya nggak enak.

Eh, tunggu dulu, justru yang seperti itu, yang bisa digunakan untuk bahan membuat tulisan. Oke, berangkat kerja tadi pagi, enggak ada yang istemewa, bahkan nyaris telat karena bangun kesiangan.

Meski pengalaman yang enggak enak, tapi bisa juga lho dibuat bahan post blog. Misalnya ni, karena pengalaman tadi pagi trus kamu mencari cara bagaimana agar esok enggak telat lagi; entah dengan memasang alarm, tidur lebih awal, menyelesaikan pekerjaan lebih cepat agar bisa tidur tepat waktu dan seterusnya.

Cara memulai tulisan pada blog

Apa pun sebetulnya bisa jadi bahan tulisan. Saya si, biasanya pakai rumus 5W + 1H.

Menulis blog tu memang mirip membuat laporan, hanya gaya bahasanya lebih santai. Apa topiknya, mengapa perlu tertulis, terjadi dimana, dan kapan, serta bagaimana pengaruh cerita itu kepadamu.

Memang paling gampang si, membuat post tentang how to atau “bagaimana cara melakukan sesuatu”, tapi kalo memang belum ada topic yang sesuai, ya, nggak perlu dipaksakan juga kali. Yang ada malah kamu buntu ide, dan ujung-ujungnya malah bisa males nge-blog. 



Cara lain yang biasa saya pakai adalah dengan mind map. Seperti saat hendak menulis post pertama kali pada blog ini, saya membuat tulisan tentang “6 Hal Yang Menjadi Alasan Kamu Musti Nge-Blog”, saya pakai mind map untuk meng-organisasikan ide.

Rambu-rambu saat membuat post blog

Meskipun blog kamu adalah cerita kamu sehari-hari, tetep ada beberapa kaidah yang harus kamu patuhi; diantaranya adalah

1. Post kamu musti unik, dan/ atau bukan hasil plagiasi

Serius deh, paling sebel banget kalo denger kata plagiasi. Kamu tahu, nggak, kalo nulis itu sebetulnya juga butuh riset, nyari bahan sana-sini, sekedar mengkonfirmasi, -bener nggak si, apa pendapatku ini. Dan melakukan riset itu melelahkan, ngabisin waktu juga.

So, jelas nggak asik banget kan kalo tulisan kamu adalah hasil plagiasi dari situs atau blog lain.

Nge-blog itu kan basicnya tentang menulis, lha kalo kamu bikin blog, dan kamu kerjaan kamu cuma copas sana-sini, gimana kamu mau ahli menulis?

Plagiasi juga bisa berakibat dihapusnya situs kamu oleh Google lho. Jadi, jauh-jauh lah dari pikiran plagiasi. Lebih baik konsisten terus belajar, dan terus menulis. Tanpa kamu sadari, lama-lama tulisan kamu juga bisa asik kok.

2. Jangan lupa edit dulu sebelum publish

Biasanya, karena saking asiknya nulis, jadi lupa deh ada satu dua huruf. Atau bisa jadi, kata pengganti orangnya nggak seragam, jadi dibacanya aneh gitu.

Mbak Indah, founder KEB malah pernah memberikan tips, sebelum publish, mending diendapkan dulu semalam, trus baca lagi, kalo sudah oke, barulah publish.

3. Sebaiknya singkat dan padat

Rambu yang satu ini si, terkait erat dengan user experience atau pengalaman pembaca saat berkunjung ke blog kamu.

Membaca pada perangkat elektronik tidak seperti membaca buku. Biasanya orang tidak akan bertahan lama-lama untuk membaca tulisan pada perangkat elektronik.

Jadi buatlah tulisan kamu seinformatif mungkin. Tidak terlalu panjang, tapi poin-poin yang ingin kamu sampaikan dipahami oleh pembaca.

4. Jangan tinggalkan EYD

Meski tentang EYD, nggak berarti juga tulisan kamu musti menggunakan kalimat baku, tapi ada beberapa kata yang memang telah salah kaprah selama ini. Seperti kata “ijin”, yang benar adalah “izin”, “silakan”, yang betul adalah “silahkan”.

Jadi, meskipun bahasanya santai, tidak ada salahnya kalo kamu juga memperhatikan penulisan-penulisan kau sesuai dengan EYD yang berlaku.

Hmm … sepertinya itu dulu deh, nanti kalo ada yang baru aku update ya, …

Happy Writing, See you at the next post.

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Silahkan klik "Subscribe" untuk mendapatkan artikel Blogging terbaru dari situs ini; atau bergabung dalam lingkaran Google Plus saya