blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Oke, kita mulai untuk membuat blog.  Cara membuat blog itu sebetulnya gampang. Selama kamu punya email, pasti bisa bikin blog. Cuma...

Cara Membuat Blog pada Wordpress dan Blogspot

caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog


Oke, kita mulai untuk membuat blog. 

Cara membuat blog itu sebetulnya gampang. Selama kamu punya email, pasti bisa bikin blog. Cuma kalo pengennya blog gratisan dari Google, ya, mau nggak mau, kamu musti akun emal dari Google (gmail). 

Cara membuatnya pun sudah sering dibahas di pelbagai situs atau buku. Tapi biar blog ini komplit dan kamu juga nggak perlu kemana-mana (tetep di blog ini maksudnya, #ngarep he he he), saya kumpulkan disini beberapa info dasar tentang cara membuat blog 

Langkah-langkah membuat blog

1. Menentukan niche blog

Kalau dalam karya tulis, blog itu bisa disebut topik tulisan kamua. Atau kalo lihat stasiun TV, kita pasti tahu, TV yang ini adalah TV berita, sementara TV yang itu TV gado-gado, karena mereka tayangin berita, film, acara musik dan ragam acara lainnya. 

Nah, niche blog itu kira-kira seperti itu; kamu pengen ngebahas apa si di blog kamu nanti; apakah tentang kecantikan, info gadget terbaru, reportase atau rekaman jalan-jalan kamu, tempat-tempat hang out yang pernah kamu kunjungi, atau malah resep yang pernah kamu coba. 

2. Menentukan nama dan judul blog


Nama blog adalah alamat blog kamu. Misalkan blog ini, maka nama blognya adalah rahayusbloggingcorner.blogspot.com. Sementara judul, adalah nama yang biasanya tertera pada saat kamu membuka blog (pada blog ini adalah Rahayu’s Blogging Corner). 

Umumnya blogger menggunakan nama mereka untuk memberi nama blog, karena bagi mereka blog adalah tempat mereka untuk mengekspresikan pikiran atau menuangkan pendapat mereka. 

Tapi, menurut banyak pakar blogging, idealnya, nama dan judul blog sesuai dengan niche blogging kamu. 

Kalo kamu memilih niche Food Blogger, nama Resep Mudah, atau Resep Praktis mungkin bisa dicoba. 

Nah, terserah kamu deh, kamu pilih yang mana. Nggak masalah juga kok kalo kamu pengen pakai nama kamu sebagai alamat URL, toh itu blog kamu bukan? 

Meskipun begitu, akan lebih baik kamu memilih nama blog yang tidak terlalu panjang, agar mudah diingat pembaca kamu. Gunakan juga kata-kata yang sudah umum digunakan.

3. Menentukan platform blog


Ada banyak platform blog di jagad maya ini; blogspot, wordpress, tumblr, LiveJournal dan Wix.com. Tapi kalo di Indonesia platform blogspot dan wordpress lebih popular dibanding platform-platform yang lain. 

Saya juga lebih suka pakai kedua platform itu. Dulu pernah si, nyobain Wix.com; tapi agak ribet, dan bingung juga gimana cara posting tulisannya. Mungkin lain kali kalo ada longgar waktu, kita obrolin deh si Wix ini. 

Kalo kamu pengen pakai wordpress, sila tuju wordpress.com untuk mulai mendaftar. Semnetara kalo pengen blogspot, ketik blogger.com. 

Pilih sign up pada wordpress untuk mulai membuat blog, sementara pada blogspot kamu musti log in dengan akun google kamu. 

Langkah membuat blog pada Wordpress


Seperti ini ni, tahapan membuat blog pada Wordpress

1. Setelah Sign up maka kamu akan dihadapakan pada jendela seperti ini

caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog


Pilihlah tema yang kamu suka. Jangan kawatir, kamu masih bisa ganti tema blog ini nanti. 

2. Isikan nama blog yang kamu inginkan pada kolom "Masukkan Domain". 

caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog


3. Pilih gratis aja dulu, kan baru nyobain. 
caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog

4. Pilih gratis lagi. Selesai deh. 

caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog

Langkah membuat blog pada Blogspot


Sementara untuk Blogspot kira-kira akan seperti ini

1. Pilih "Buat Blog"
caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog


2. Masukkan "Judul" dan nama blog kamu, pastikan tidak ada "!" (yang dilingkari). 

caramembuatblog_tipsngeblog-trikngeblog


Pertimbangkan baik-baik saat memasukkan nama blog, soalnya nggak bakal bisa diganti lagi, kecuali kamu pindah blog atau ganti domain. Kalau untuk judul si, bisa kamu ganti kapan aja, dengan judul apa saja. 

Oke, tahapan membuat blog sudah selesai. Sekarang kamu bisa mulai mengisi blog kamu. Isi aja dulu, nggak usah mikir bagaimana mempercantik blog kamu. Paling tidak buatlah 5 post dulu, baru deh, kamu bisa mulai otak-atik blog kamu. 

Oke? Next, kita ngobrolin bagaimana membuat post yang cantik. See you. 

2 komentar:

  1. saya blm bisa nih jadi niche blog yg spesifik hanya membahas satu topik aja... Kurang kreatif soalnya saiyah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ria ... kok bisa nemuin blog inih sieh? wuaaa...malu saiyah ....
      Ini ni gara-gara baca buku mbak Carra, jadi kupecah-pecah blog-ku

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner. Karena banyaknya komentar spam, untuk sementara waktu, komentar hanya terbuka untuk anggota blog saja, ya.
Pertanyaan atau diskusi terkait artikel silahkan hubungi rahayupawitri@gmail.com. Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.